NADRAN KUD MINAWALUYA DESA MERTASINGA TH.2018

CIREBON – Nadran kud minawaluya (bondet) yang berlokasi di desa mertasinga kecamatan gunung jati kabupaten cirebon jawa barat.
Dalam acara nadran KUD minawaluya (bondet) di mulai pada jam 08.00 wib dengan di awali ritual sesajen yang akan di antar ke laut,sebagai bentuk rasa syukur para nelayan terhadap allah swt yang telah memberikan hasil laut dan isi yang ada di laut dapat di keruk oleh nelayan khususnya sehingga dapat menghidupi keluarganya lewat propesinya.
Acara nadran tersebut di hadiri oleh unsur muspika kecamatan gunung jati yaitu camat gunung jati ,kapolsek gunung jati beserta jajaranya,danramil,polair ,stap dispora kabupaten cirebon dan juga di hadiri anggota dewan dari komisi 1V yang membidangi perikanan”ONO SURONO. St di tambah dari unsur-unsur lainya.
“Dari unsur muspika yang dalam hal ini camat gunung jati mengatakan bahwa acara nadran ini harus kita dukung  dan kita pasilitasi karena acara nadran ini merupakan warisan nenek moyang kita,juga adat masyarakat nelayan  yang setiap tahunya selalu di laksanakan ,dan acara ini juga sebagai ajang perekat antar warga dan tradisi yang tidak bisa anaikan begitu saja ucap camat gunung jati”KUSDIONO”saat di wawancarai repoerter journal news(11-11-2018).

Hal senada juga telah di ungkapkan oleh ketua panitia”YUDI”bahwa acara nadran adalah acara tahunan dan tradisi masyarakat kita maka dari itu kita upayahkan agar nadran ini jangan sampai puna ,karena acara nadran merupakan warisan leluhur kita dan juga sebagai alat pemersatu antar nelayan dan masyarakat luas umumnya .Dia sebagai ketua panitia mengharapkan agar nadran ini terus kita jaga dan kita lestarikan tutup ketua panitia”YUDI”.
“Terpisa dari itu’dalam pengamanan acara nadran ini pihak kepolisian polsek telah mengerahkan 75 personel polisi yang di bantu dari polisi polresta ,juga di bantu dari jajaran koramil .sehingga keamanan berjalan lancar dan kondusip tutur kapolsek gunung jati”IPTU MAMAN SUHERMAN”
Liputan. Sana
Journal News

Leave a comment

Your email address will not be published.